BALI ORANGE

Hosting Indonesia

Selasa, 04 Agustus 2015

Contoh Makalah Good Corporate Governance (Pendahuluan)



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Istilah Good Corporate Governance (GCG) kian popular dan ditempatkan pada posisi tergormat. Dikarenakan alasan yang pertama, GCG merupakan salah satu kunci sukses perusahaan untuk tumbuh dan menguntungkan dalam jangka panjang, sekaligus memenangkan persaingan bisnis global, terutama bagi perusahaan yang telah mampu berkembang sekaligus menjadi terbuka. Alasan kedua, terjadinya krisis ekonomi tahin 1997 yang melanda Indonesia dan Negara-negara di Asia Tenggara telah memunculkan wacana yang berkaitan dengan permasalahan Tata Kelola Perusahaa Yang Baik (Good Corporate Governance/ GCG). ( Daniri, 2005 ).
Pada tahun 1999, kita melihat negara-negara di Asia Timur yang sama-sama terkena krisis mulai mengalami pemulihan, kecuali Indonesia. Harus dipahami bahwa kompetensi global bukan kompetensi antarnegara, melainkan antarperusahaan di negara-negara tersebut. Jadi menang atau kalah, menang atau terpuruk, pulih atau tetap terpuruknya perekonomian satu negara bergantung pada perusahaan masing-masing. (Moeljono, 2005)
Pemahaman tersebut membuka wawasan kita bahwa persaingan antarperusahaan, baik di dalam maupun luar negeri semakin sengit. Dengan demikian, perlu adanya penerapan GCG dalam setiap perusahaan.  Akan tetapi, tidak semua perusahaan menerapkan GCG secara optimal. Itulah sebabnya GCG yang baik sangat dibutuhkan di dalam perusahaan.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian dari latar belakang, maka rumusan masalah pada karya tulis ini adalah: “Bagaimanakah penerapan Good Corporate Governance (GCG) pada kinerja perusahaan?”

C.     Tujuan
Tujuan dari karya tulis ini adalah untuk mengetahui penerapan Good Corporate Governance pada kinerja perusahaan.

D.    Manfaat
Karya tulis ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada beberapa pihak, antara lain:
1.      Penulis
Karya tulis ini dapat memperluas wawasan serta pengetahuan penulis tetang penerapan Good Corporate Governance dalam kinerja perusahaan dengan segala permasalahannya serta manfaatnya terhadap kinerja perusahaan.
2.      Perusahaan
Hasil karya tulis ini diharapkan dapat memberikan manfaat pengetahuan bagi perusahaan mengenai prinsip Good Corporate Governance, khususnya mengenai pengaruh Good Corporate Governance pada kinerja perusahaan.
3.      Pembaca
Karya tulis ini diharapkan dapat memberikan manfaat tambahan berupa wawasan dan ilmu pengetahuan, khususnya mengenai penerapan Good Corporate Governance pada kinerja perusahaan.


Tidak ada komentar: