BALI ORANGE

Hosting Indonesia

Rabu, 02 April 2014

CONTOH MAKALAH PKN DAMPAK GLOBALISASI SOSIAL BUDAYA



KATA PENGANTAR

          Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “pengaruh globalisasi bidang social budaya di kabupaten gunungkidul”

            Makalah ini disusun dengan maksud unutk melengkapi nilai mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penulis mengucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyusun dan menyelesaikan proposal usaha ini, yakni:
1.    Drs. Mudji Muljatna, MM selaku Kepala Sekolah
2.    Ibu  Dra. Endang Pudyastuti selaku pengampu mata pelajaran PKN yang telah memberikan bimbingan kepada penulis.
3.    Orang tua yang telah memberikan dukungan kepada penulis
4.    Dan pihak-pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan makalah ini yang tidak bisa penyusun sebutkan satu persatu.

Semoga makalah ini berguna dan bermanfaat bagi pembaca. Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penulis sangat menghargai kritik dan saran yang membangun dari semua pihak guna penyusunan makalah berikutnya agar semakin baik.

Akhir kata, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelesaian makalah ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


Wonosari, 2014


Penulis


BAB I
PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG
Saat ini arus globalisasi sudah berkembang sangat pesat. Arus ini telah membawa perubahan perubahan besar bagi dunia, bangsa dan Negara, yang mau tak mau harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya, tak terkecuali masyarakat di daerah kabupaten Gunungkidul. Pengaruh globalisasi tidak hanya mempengaruhi beberapa bidang kehidupan, namun semua bidangpun ikut terpengaruh termasuk juga bidang social budaya yang didalamnya yang menyangkut perilaku social masyarakat.
Indonesia merupakan Negara yang mempunyai kebudayaan yang beranekaragam. Kebudayaan masyarakat Indonesia salah satunya adalah perilaku yang menjunjung tinggi nilai kesopanan dan keramahan. Dengan adanya globalisasi pengaruh budaya yang satu kepada budaya yang lain semakin mudah tersebar. Globalisasi tidak hanya memberikan pengaruh yang negative tetapi juga dapat memberikan dampak negative. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan menjelaskan mengenai dampak globalisasi yang semakin gencar tersebar terhadap perilaku social budaya masyarakat Indonesia terutama dalam masyarakat lingkup kabupaten Gunungkidul.

B.      RUMUSAN MASALAH
A.      Apakah pengertian globalisasi?
B.      Apakah pengertian perilaku social?
C.      Bagaimana dampak globalisasi bagi perilaku social
D.      Bagaimana dampak yang terlihat di kabupaten gunungkidul
E.       Apakah solusi untuk dampak negative globalisasi terhadap perilaku social?

C.      TUJUAN DAN MANFAAT
A.      Mengetahui pengertian globalisasi
B.      Mengetahui pengertian perilaku social
C.      Mengetahui dampak globalisasi bagi perilaku social
D.      Mengetahui dampak yang tampak di kabupaten gunungkidul
E.       Mengetahui solusi untuk dampak negative globalisasi terhadap perilaku social.


BAB II
PEMBAHASAN
A.      PENGERTIAN GLOBALISASI
Globalisasi berasal dari kata globe yang artinya bola (di buku ada)
B.      PENGERTIAN PERILAKU SOSIAL
Perilaku social berbeda dengan perilaku, karena perilaku adalah perbuatan /tindakan dan perkataan seseorang yang sifatnya dapat diamati, digambarkan dan dicatat oleh orang lain ataupun orang yang melakukannya dan tindakan itu tidak ditujukan kepada orang lain. Sedangka perilaku social adalah suatu tindakan yang dilakukan seseorang dan secara khusus ditujukan kepada orang lain sebagai suatu bentuk interaksi social.
Perilaku social seseorang dapat diterima oleh orang lain jika perilaku yang dilakukannya sesuai dengan norma social yang ada. Jika perilaku social yang dilakukan oleh orang tersebut tidak sesuai dengan norma yang berlaku maka dapat dikategorikan sebagai perilaku aneh atau bahkan perilaku menyimpang.

C.      DAMPAK GLOBALISASI BAGI PERILAKU SOSIAL
Semakin bertambal globalnya berbagai nilai budaya kaum kapitalis dalam masyarakat dunia. Merebaknya gaya berpakaian di Negara-negara berkembang. Menjamurnya produksi film dan music dalam bentuk kepingan cd/vcd atau dvd
1.       Dampak positif
-          Perubahan tata nilai,  sikap, dan pola pikir
-          Berkembangnya ilmu pengetahuan dan  teknologi
-          Mudah melakukan komunikasi
-          Memacu untuk meningkatkan kualitas diri
-          Adanya rasa solidaritas social yang tinggi sesame manusia
-          Terjadinya kontak budaya melalui media masa yang dapat memberikan informasi tentang keberadaan nilai-nilai budaya lain.
-          Kesenian tradisional yang banyak dimodifikasi sehingga menjadi kesenian modern yang baru

2.       Dampak negative
-          Semakin mudahnya nilai-nilai budaya barat masuk ke Indonesia melalui berbagai media yang ada yang banyak ditiru oleh masyarakat.
-          Semakin memudarnya apresiasi masyarakat terhadap nilai-nilai budaya local melahirkan gaya hidup mewah dan konsumtif
-          Merebaknya gaya berpakaian barat yang tidak sesuai dengan budaya masyarakat
-          Rasa kekeluargaan yang akan berkurang dengan jiwa individualis
-          Kesenjangan social semakin tajam dalam masyarakat
-          Semakin lunturnya semangat gotong-royong, sodilaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan social sehingga dalam keadaan tertentu
-          Norma-norma dalam yang terkandung dalam kebudayaan Indonesia perlahan-lahan memudar.
-          Mudah terpengaruh oleh budaya yang berbau barat
-          Membuat sikap menutup diri dan berpikir sempit

D.      DAMPAK YANG TAMPAK DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL
1.       Dampak positif
-          Pola piker masyarakat menjadi lebih rasional.
-          Dengan berkembangnya iptek di gunungkidul masyarakat semakin maju contohnya saja petani yang dulunya membajak sawah menggunakan  tenaga sapi/kerbau, saat ini petani menggunakan mesin traktor untuk menggantikan tenaga sapi/kerbau tersebut
-          Maraknya modifikasi tari tradisional yang dilakukan oleh remaja-remaja di kabupaten gunungkidul
-          Masyarakat gunungkidul lebih mudah melakukan komunikasi baik menggunakan telepon genggam, melalui internet atau media lainnya.
-          Dengan adanya globalisasi memaju masyarakat di kabupaten gunungkidul untuk meningkatkan kualitas hidupnya agar tidak ketinggalan jaman dan membekali diri dengan pendidikan yang tinggi agar arus globalisasi dapat dilalui dengan baik.
2.       Dampak negative
-          Remaja gunungkidul banyak yang meniru gaya berpakaian orang barat yang tidak sesuai dengan budaya di Gunungkidul.
-          Saat ini sikap sopan santun masyarakat gunungkidul mulai memudar terkikis oleh globalisasi
-          Masyarakat gunungkidul banyak yang terpengaruh oleh tren sehingga menimbulkan sikap yang konsumtif dan mewah
-          Dengan kemajuan iptek yang tak terbendung semakin memudahkan budaya barat yang kurang baik untuk ditiru oleh masyarakat di Gunungkidul
-          Dengan majunya iptek masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas sehingga menimbulkan sikap individualistic dalam masyarakat sehingga masyarakat melupakan bahwa sejatinya mereka adalah makhluk sosial
E.       SOLUSI DAMPAK NEGATIF TERHADAP PERILAKU SOSIAL masyarakat
Langkah-langkah untuk mengantisipasi dampak negative terhadap perilaku social masyarakat diantaranya yaitu:
-          Menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai pancasila dengan sebaik-baiknya karena pancasila merupakan ciri khas Indonesia yang didalamnya terkandung aspek religi, social, kenegaraan, keadilan dan kepemimpinan.
-          Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik-baiknya. Ajaran agama menganjurkan umatnya untuk berbuat baik, sehingga dengan melaksanakan ajaran agama dengan baik seseorang dapat terhindar dari arus globalisasi. Melakukan ajaran agama dapat menciptakan perilaku social yang baik sehingga hubungan masyarakat dapat berjalan dengan harmonis
-          Melakukan penyaringan terhadap informasi yang beredar agar masyarakat tidak terpengaruh dengan dampak negative yang mengubah kebiasaan, nilai kehidupan dan pandangan hidup
-          Mewujudkan supremasi hokum, menerapkan dan menegakkan hokum dalam arti sebenarnya dan seadil-adilnya


BAB III
PENUTUP
A.      KESIMPULAN
Globalisasi merupakan suatu gejala wajar yang pasti akan dialami oleh setiap bangsa di dunia. Dalam era global, suatu masyarakat tidak mungkin dapat mengisolasi diri terhadap proses globalisasi. Jika suatu masyarakat mengisolasi diri dari globalisasi, mereka dapat dipastikan akan terlindas oleh jaman serta terpuruk pada era keterbelakangan dan kebodohan.
Dilihat pengaruh positif ini tentu akan memberikan efek baik bagi masa depan masyarakat. Karena dengan adanya globalisasi masyarakat tidak lagi mengisolasi diri, meraka dapat berfikir lebih kritis dari sebelumnya dan lebih memperluas pandangan hidup mereka ke arah yang modern. Namun tak luput dari efek negative ini juga dapat menjatuhkan bangsa jika masyarakat tidak mampu menjaga diri dari efek buruknya.
Untuk itu, perlu adanya antisipasi aktif dari berbagai pihak agar globalisasi dapat ditanggapi secara lebih kritis, sehingga masyarakat dapat menikmati pengaruh baiknya dan meminimalisir pengaruh buruk yang mungkin akan ditimbulkan oleh globalisasi ini.
B.      SARAN
Arus globalisasi memang sudah sangat kuat mempengaruhi masyarakat. Dan perubahan yang sangat signifikan dapat kita lihat pada perilaku masyarakat yang akhir-akhir ini berubah mengikuti perkembangan zaman. Jika hal tersebut memberi efek yang baik bagi masyarakat tentu tidak masalah. Tapi terkadang suatu takkan bernilai baik apabila terletak di tangn yang salah.
kita tidak dapat menentang arus globalisasi, tetapi kita juga tidak harus sepenuhnya mengikuti arus globalisasi tersebut. Setelah mengetahui berbagai dampak globalisasi, baik positif maupun negative, kita dituntut untuk selektif memilih budaya ataupun hal-hal baru yang berasal dari luar, sehingga kita tidak menghilangkan budaya yang sejak dulu telah tertanan pada diri kita

Tidak ada komentar: